Does Artinya

Menemukan Jawaban atas Pertanyaan Ini

Salam Sobat Artinyo, apakah kamu pernah mendengar seseorang menggunakan kata “does” dalam kalimat yang kamu tidak mengerti? Apakah kamu bingung tentang makna kata tersebut dalam bahasa Inggris? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas secara detail tentang arti dan penggunaan kata “does” dalam bahasa Inggris.

Pendahuluan

Kata “does” dapat diartikan sebagai bentuk dari kata kerja “do”, yang sering digunakan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Kata ini seringkali digunakan dalam kalimat tanya dan kalimat negatif. Dalam kalimat afirmatif, “does” biasanya digunakan pada kalimat ketiga orang tunggal (he, she, it).

Banyak pelajar bahasa Inggris yang seringkali mengalami kesulitan dalam memahami penggunaan kata “does”. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara rinci mengenai arti, bentuk, penggunaan, dan contoh-contoh penggunaan kata “does”.

Artikel ini disusun dengan tujuan untuk membantu kamu memahami kata “does” dengan lebih baik, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan lebih tepat dalam percakapan bahasa Inggrismu. Jadi, yuk simak penjelasannya berikut ini dengan seksama!

Berikut ini adalah tujuh paragraf yang akan membahas tentang pengertian, bentuk, dan fungsi dari kata “does”.

Pengertian Does

Penggunaan kata “does” dalam kalimat bisa bermakna membuat, melakukan, atau menjalankan sesuatu. Kata ini juga sering digunakan dalam konstruksi negatif dan tanya, seperti halnya “do” dan “did”.

Dalam bentuk kalimat tanya present tense, kita menggunakan “does” untuk he, she, dan it. Sedangkan untuk kalimat negatif, kita tambahkan “not” antara “does” dan kata kerja. Contohnya adalah “He does not like coffee” yang bermakna “Dia tidak suka kopi”.

Bentuk Does

Secara umum, bentuk dari kata “does” hanya ada satu yaitu “does”. Kata ini tidak berubah, tidak peduli dalam bentuk kalimat apa kamu menggunakannya. Kata “does” juga tidak memiliki bentuk lampau atau masa depan.

Fungsi Does

Kata “does” sering digunakan dalam kalimat afirmatif (positif) untuk menjelaskan aksi yang dilakukan oleh suatu objek tunggal. Contoh kalimatnya adalah “She does her homework every night” yang bermakna “Dia mengerjakan PR-nya setiap malam”.

Sedangkan dalam kalimat tanya, “does” digunakan untuk menanyakan apakah sesuatu itu dilakukan atau tidak. Contoh kalimatnya adalah “Does he like ice cream?” yang bermakna “Apakah dia suka es krim?”. Dalam kalimat negatif, “does” digunakan dengan tambahan “not” seperti pada yang telah dijelaskan sebelumnya.

Contoh Penggunaan Does

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “does”:

No Kalimat Arti
1 She does her laundry every Saturday Dia mencuci pakaiannya setiap hari Sabtu
2 Does your boss like to talk during meetings? Apakah bosmu suka berbicara selama pertemuan?
3 He does not eat meat because he is vegetarian Dia tidak makan daging karena dia seorang vegetarian

Dalam pembahasan selanjutnya, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kata “does”.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Does

Penulisan kata “does” memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Poin-poin di bawah ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan kata “does”.

Kelebihan Penggunaan Does

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dalam penggunaan kata “does”:

1. Memperjelas subyek kalimat

Penggunaan kata “does” pada kalimat ketiga orang tunggal dapat membantu kita memperjelas subyek kalimat. Sebagai contoh, kalimat “She studies English” menjadi lebih jelas dan akurat ketika ditulis sebagai “She does study English”.

2. Membuat kalimat lebih sopan

Ketika kamu berbicara dengan orang yang lebih tua atau di tempat formal, penggunaan kata “does” secara tepat dapat menunjukkan bahwa kamu berbicara dengan sopan dan sebelum bertanya, kamu sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu.

3. Berguna dalam kalimat tanya

Kata “does” berguna dalam membentuk kalimat tanya yang benar-benar menggambarkan suatu situasi. Semakin banyak kamu menggunakan kalimat tanya, semakin baik kamu dapat memahami penggunaan kata “does” dalam bahasa Inggris.

Kekurangan Penggunaan Does

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dalam penggunaan kata “does”:

1. Berlebihan

Terlalu banyak penambahan kata “does” pada suatu kalimat terkadang menyebabkan kalimat menjadi terlalu panjang dan terkesan berlebihan. Hal ini dapat membuat pembicaraan lebih sulit dipahami dan kurang efisien.

2. Terdengar formal

Seperti yang kita bahas sebelumnya, penggunaan kata “does” dapat membuat pembicaraan terdengar lebih sopan. Namun, ketika terlalu sering digunakan, kalimat-kalimat yang diucapkan akan terdengar terlalu formal.

3. Membingungkan

Penggunaan kata “does” yang tidak tepat dapat membingungkan pendengar, terutama jika kamu tidak mampu menjelaskannya dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memahami penggunaan kata “does” secara tepat agar tidak membuat pembicaraan menjadi kurang efektif.

Tabel Informasi Lengkap tentang Does

# Informasi Keterangan
1 Definisi Merupakan bentuk kata kerja “do” dalam bahasa Inggris.
2 Arti Bisa diartikan sebagai membuat, melakukan, atau menjalankan sesuatu.
3 Bentuk Hanya memiliki satu bentuk, yaitu “does”.
4 Fungsi Sering digunakan dalam kalimat afirmatif (positif), tanya, dan negatif.
5 Penggunaan Kalimat Digunakan pada kalimat ketiga orang tunggal (he, she, it).
6 Tambahannya Untuk kalimat negatif, tambahkan “not” setelah “does”.
7 Contoh Kalimat Banyak sekali contoh kalimat yang menggunakan kata “does”.

Tanya Jawab tentang Does

1. Apa yang dimaksud dengan kata “does”?

Does dapat diartikan sebagai bentuk dari kata kerja “do”, yang sering digunakan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Kata ini seringkali digunakan dalam kalimat tanya dan kalimat negatif.

2. Kapan kita menggunakan kata “does” dalam kalimat afirmatif?

Kita menggunakan kata “does” dalam kalimat afirmatif ketika ingin menjelaskan aksi yang dilakukan oleh suatu objek tunggal.

3. Bagaimana bentuk dari kata “does”?

Bentuk dari kata “does” hanya ada satu yaitu “does”. Kata ini tidak berubah, tidak peduli dalam bentuk kalimat apa kamu menggunakannya. Kata “does” juga tidak memiliki bentuk lampau atau masa depan.

4. Apa kelebihan menggunakan kata “does” dalam pembicaraan?

Berbagai kelebihan penggunaan kata “does” yaitu dapat memperjelas subyek kalimat, lebih sopan dalam pembicaraan resmi, dan berguna dalam pembentukan kalimat tanya yang akurat.

5. Apakah terlalu banyak penggunaan kata “does” akan berdampak buruk pada pembicaraan?

Ya, terlalu banyak penggunaan kata “does” dapat membuat kalimat terdengar berlebihan dan terkesan formal, sehingga membuat pembicaraan kurang efektif.

6. Bagaimana cara menggunakan kata “does” dalam kalimat tanya?

Kita menggunakan “does” dalam kalimat tanya untuk menanyakan apakah sesuatu itu dilakukan atau tidak. Misalnya, “does he like ice cream?” artinya “Apakah dia suka es krim?”.

7. Apakah penggunaan kata “does” selalu sama dalam setiap kalimat?

Ya, bentuk dan penggunaan kata “does” sama dalam setiap kalimat, terlepas dari jenis kalimatnya.

8. Apa dampak dari penggunaan kata “does” yang tidak tepat?

Penggunaan kata “does” yang tidak tepat dapat membingungkan pendengar, terutama jika kamu tidak mampu menjelaskannya dengan baik.

9. Apa bentuk kalimat yang tepat dalam menggunakan “does” dalam kalimat afirmatif?

Ketika menggunakan “does” dalam kalimat afirmatif, kita harus memperhatikan kalimat ketiga orang tunggal. Contoh kalimatnya adalah “She does her homework every night”.

10. Apa tambahan yang digunakan pada kalimat negatif yang menggunakan kata “does”?

Tambahan yang digunakan pada kalimat negatif yang menggunakan kata “does” adalah “not”, antara “does” dan kata kerja. Contohnya adalah “He does not like coffee” yang bermakna “Dia tidak suka kopi”.

11. Apa kelemahan penggunaan kata “does”?

Beberapa kelemahan dalam penggunaan kata “does” yaitu terlalu banyak kata “does” dapat membuat kalimat terkesan formal, dan dapat membingungkan pendengar jika tidak digunakan dengan tepat.

12. Siapa yang sering menggunakan kata “does” dalam kalimat?

Kita menggunakan kata “does” ketika ingin menjelaskan aksi yang dilakukan oleh suatu objek tunggal, seperti he, she, and it.

13. Apa saja contoh kalimat yang menggunakan kata “does”?

Contoh kalimat yang menggunakan kata “does” banyak sekali, seperti “She does her laundry every Saturday”, “Does your boss like to talk during meetings?”, dan “He does not eat meat because he is vegetarian”.

Kesimpulan

Pada dasarnya, kata “does” digunakan untuk memperjelas aksi dari suatu objek dalam kalimat. Selain itu, kata ini juga sering digunakan dalam kalimat tanya dan negatif. Penggunaan kata “does” memiliki kelebihan dalam memperjelas subyek kalimat, membuat pembicaraan lebih sopan, dan membantu dalam pembentukan kalimat tanya yang akurat.

Namun, terlalu banyak penggunaan kata “does” dapat membuat kalimat terkesan formal dan terlalu panjang, sehingga kurang efektif dalam penyampaian informasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan kata “does”.

Disclaimer

Artikel ini dibuat semata-mata untuk tujuan edukasi dan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan yang dilakukan oleh pembaca berdasarkan informasi yang disajikan dalam artikel ini. Informasi yang terkandung dalam artikel ini hanya bersifat umum dan tidak dapat dijadikan sebagai saran hukum atau medis.